Blog Yang Mengulas Tips Trik Android Terbaru, Aplikasi Android Gratis, Game Android Gratis, Belajar Modding Android, Tutorial Android

Cara Menstabilkan PING Internet Saat Main Game Online di Android

Advertisement
Cara Menstabilkan PING Internet Saat Main Game Online di Android - Pada era internet seperti saat ini, game online banyak di pilih oleh para gamers untuk menghabiskan waktu luang meraka. Keseruan bermain game online memang sangat berbeda jika di bandingkan dengan game offline. Bagaimana tidak, para gamers bisa bermain secara real time dengan para pemain lainnya di seluruh dunia. Game online yang sedang populer untuk saat ini, khusunya platform Android adalah game berjenis MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) seperti Mobile Legends, Vainglory, Mobile Arena dan masih banyak lagi lainnya. Selain game MOBA, game bergenre strategi pun masih menjadi primadona seperti Clash of Clans, Clash Royale. Tidak hanya itu, kini game legend PS2 yaitu GTA San Andreas pun akan merilis versi online untuk smartphone Android. Tentunya masih banyak game-game online lainnya yang bisa kalian pilih untuk menghabiskan waktu luang.

Namun ternyata keseruan bermain game online sering terganggu oleh masalah jaringan koneksi internet yang tidak stabil. Karena memang seperti yang kita tahu, agar bermain game online lancar jaringan internet harus stabil setidaknya memiliki PING dibawah 150ms. Jika PING internet anda di atas itu, maka tidak lah heran game menjadi lag / patah-patah bahkan bisa force close. Tentunya hal seperti ini kerap membuat kalian bad mod alias galau bukan? ^_^. Admin sendiri pun sering merasakan gimana keselnya jika sedang asik bermian game lalu terganggu oleh jaringan yang tidak stabil. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya akan memberikan cara untuk menstabilkan ping internet Android agar stabil tidak naik turun.


Sebelum kita membahas tutorialnya, saya akan memberitahu terlebih dahulu istilah PING dalam jaringan internet secara singkat yang mungkin untuk sebagian gamers sering menyalahartikan istilah ping ini. PING ialah suatu perintah atau program dasar yang di jalankan pada command prompt yang tujuannya untuk mengetes jaringan internet sudah terkoneksi atau belum pada suatu perangkat komputer maupun smartphone Android. Maka sering kita mendengan istilah PING test. Selain itu, program PING juga dapat mendiagnosa seberapa kuat jaringan yang terhubung dengan perangkat kita. Maka untuk mengetahui stabilitas koneksi internet pada sebuah perangkat kita bisa menjalankan PING test ini.

Baiklah kita kembali ke pembahasan yaitu cara menstabilkan PING ineternet pada Android. Sebenarnya sering admin mengatakan, bahwa kualitas sebuah jaringan internet sangat di tentukan oleh dimana daerah anda tinggal, karena banyak provider tanah air yang belum menembus sampai ke pelosok-pelosok desa, maka buat kalian yang kebetulan tinggal di pedesaan dibutuhkan konfigurasi tambahan agar koneksi internet anda lancar tidak naik turun.

Pada tutorial ini kita akan memanfaatkan sebuah aplikasi besutan StreamSoft yaitu bernama PingTools Network Utilities. Aplikasi ini memiliki banyak alat test untuk mendiagnosa sebuah jaringan, seperti Watcher, Local-Area Network, GeoPing, Traceroute serta PING test. Dikutip dari halaman resminya Play Store, aplikasi ini memiliki ping test dengan fitur tambahan seperti TCP dan HTTP \ HTTPS ping. Slain itu ping tes bisa berjalan di latar belakang yang akan terus memantau keadaan remote host tanpa terganggu. Tentunya aplikasi PingTools ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya untuk membantu menstabilkan koneksi internet 3G maupun 4G Android anda. Aplikasi ini juga dapat bekerja dengan semua provider tanah air seperti Tri (3), Simpati, XL, M3, Axis, As dan lain-lainnya.

Aplikasi PingTools ini memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar / PingTools Pro. Namun untuk versi gratisnya saja sudah power full. Tentu saja untuk menghasilkan performa terbaik ada beberapa konfigurasi yang harus di setting pada aplikasi ini, berikut penjelasan selengkapnya:

Baca Juga: Cara Agar Tidak LAG (Patah-Patah) Bermain Mobile Legends di HP RAM 512

Cara Menstabilkan PING Internet Android Dengan Aplikasi PingTools

1. Silahkan anda download terlebih dahulu aplikasi PingTools Network Utilities melalui Google Play.

2. Jika aplikasinya sudah terinstall di smartphone, silahkan anda buka aplikasinya. Lalu tap pada bagian Menu kemudian pilih PING.


3. Tap pada Menu sebelah kanan lalu pilih Setelan.


4. Atur pada Jumlah Ping menjadi Tidak Terbatas, kemudian pilih Mode menjadi HTTPS, selanjutnya pilih Simpan. Lihat gambar dibawah ini agar jelas.


4. Terakhir anda biasa langsung menjalankan PING dan biarkan aplikasi ini berjalan di latar belakang selama anda bermain game.


5. Selesai dan rasakan perbedaannya.
Baca Juga: Cara Mengubah Kuota GamesMax Menjadi Kuota Flash Reguler
Aplikasi ini akan memberitahukan dengan bersuara jika ping jaringan internet anda lemah, jika ada pemberitahuan, anda bisa segera mencari lokasi yang lebih kuat jaringgannya. Jika dengan aplikasi ini jaringan internet anda masih saja lemot, adamin sarankan untuk menggunakan jaringan Wifi agar koneksi anda bisa lebih stabil. 
Baca Juga: Cara Mengubah Kuota Videomax Menjadi Kuota Reguler
Demikianlah ulasan tentang cara menstabilkan PING jaringan internet saat baemain game online di Android. Jika masih ada yang kurang jelas, anda bisa menanyakannya di kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini. Semoga ulasan ini bermanfaat dan sapat meningkatkan pengetahuan anda. Semoga berhasil.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menstabilkan PING Internet Saat Main Game Online di Android

2 komentar:

  1. Makasih artikelnya min. sekadar saran sy tinggal di kepulauan, merasakan derita yang sama min rasakan saat bermain game. But, meski tanpa aplikasi itu, saat main game lag akan diketahui ping merah saat bermain game alias lag atau patah patah.

    ReplyDelete
  2. saya sudah melakukan seperti tutorial di atas, memang awalny berjalan lancar tapi setelah beberapa menit dan membuka game online mobile legend ping tersebut hilang di latar, kenapa bisa begitu dan bagaimana cara agar ping tetap berjalan kecuali kita sendiri yang mematikannya

    ReplyDelete

Sebelum berkomentar baca dulu dibawah ini:

Komentar di Blog ini sepenuhnya di Moderasi oleh Admin, jadi komentar yang masuk akan di saring terlebih dahulu / tidak langsung publish.

1. Komentar yang mengandung SPAM, promosi, referral tidak akan di publikasi.

2. Baca Artikel sampai selesai sebelum berkomentar.

3. Pastikan kalian men-ceklis Notify Me agar jika komentar kalian mendapatkan balasan, akan di beri tahu melalui email.