Blog Yang Mengulas Tips Trik Android Terbaru, Aplikasi Android Gratis, Game Android Gratis, Belajar Modding Android, Tutorial Android

Cara Mudah Mengatasi SystemUi Android Telah Berhenti

Advertisement

Cara mengatasi SystemUI Android telah berhenti - SystemUI (SystemUI.apk) di smartphoen Android merupakan aplikasi penting, dimana aplikasi tersebut yang bertugas untuk menampilkan statusbar, notification bar, serta icon-icon yang ada pada notification bar smartphoen Android anda. Maka jika anda seorang yang suka ngoprek system Android, anda harus berhati-hati jika membongkar file apk tersebut. Karena jika anda salah dalam mengolah file tersebut maka SystemUI Android akan mengalami crahs (force close) ditandai dengan munculnya notifikasi "Sayangnya, SystemUI telah berhenti.". Notifikasi tersebut akan terus muncul dan dapat mengganggu aktifitas smartphone anda. Oleh karena itu, jika anda hendak melakukan editing file SystemUI.apk, sebaiknya anda backup terlebih dahulu aplikasi bawaannya, agar jika mengalami error, anda bisa mengembalikannya dengan mudah.

Namun SystemUI Android error tidak hanya di sebabkan oleh salah oprek saja, ada beberapa penyebab lain yang dapat mengakibatkan SystemUI force close. Diantaranya adalah karena menumpuknya file cache dan memory RAM sudah overload. Nah, jika Android anda mengalami error SystemUI telah berhenti, anda sebaiknya anda mencari penyebabnya terlebih dahaulu. Berikut beberpa penyebab SystemUI Android berhenti dan cara mudah untuk megatasinya.

systemui Android

1. Salah Oprek.
Jika anda pernah membongkar file SystemUI.apk lalu mengalami error. Cara mudah untuk mengatasinya dalah mengembalikan file backup SystemUI.apk bawaan custrom ke dalam folder Sysstem>App. Gunakan sejenis aplikasi File Manager seperti Root Xplorer atau ES File Manager dan jangan lupa set permissionnya menjadi rw-r-r.

Tapi jika anda tidak memiliki backup-nya, anda bisa meminta pada teman yang memiliki smartphone type, merek dan menggunakan versi Android yag sama, misal Lolliop atau KitKat. Namun jika tidak ada juga, cara terakhir agar smartphone anda pulih kembali yaitu dengan mem-flashing ulang. Silahkan cari saja tutorial flashing untuk type smartphone anda di Google.

2. Karena File Cache.
Jika aplikasi SystemUI error hanya di sebabkan oleh file cache yang menumpuk, anda bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan aplikasi pembersih sampah seperti Clean Master, 360 Scurity dan lainnya. Silahkan anda bersihkan file-file cache di Android anda dengan aplikasi tersebut lalu restar smartphone anda.

Jika masih mengalami error juga, anda bisa mencoba dengan melakukan Hard Reset (mengembalikan ke pengaturan pabrik). Namun perlu di perhatikan, jika smartphoen Android dilakukan Hard Reset data-data yang berada di memori Internal smartphone akan hilang, jadi sebaiknya sebelum melakukan hard reset backup terlebih dahulu semua data-data yang menurut anda penting.

3. Karena RAM Overload.
SystemUI yang di sebabkan oleh memory RAM yang sudah full sering saya alami snediri pada smartphone Asus Zenfone C milik saya. Ketika sedang menjalankan banyak aplikasi lalu tiba-tiba muncul notifikasi "Sayangnya, SystemUI telah berhenti". Hal ini sebenarnya membuat kesal, namun apalah daya, smartphone yang saya gunakan hanya memiliki RAM 1GB maka sudah menjadi resiko jika cepat full.

Cara untuk mentasinya sangat mudah, matikan smartphone anda, lalu cabut baterai selama beberapa waktu, kemudian coba anda hidupkan kembali smartphone anda. Maka semuanya akan kembali normal.

Demikian sedikit informasi cara mudah mengatasi SystemUI Android telah berhenti yang saya dapat sampaikan untuka anda. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda seputar tips dan trik Android. Selamat mencoba, salam!.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Mengatasi SystemUi Android Telah Berhenti

1 komentar:

  1. tidak bisa ke status bar atau ke menu karna sistem ui terhenti muncl terus, itu gimana ngatasinnya?

    ReplyDelete

Tolong Tinggalkan Jejak Anda Untuk Memudahkan Proses Blogwalking.