Blog Yang Mengulas Tips Trik Android Terbaru, Aplikasi Android Gratis, Game Android Gratis, Belajar Modding Android, Tutorial Android

5 Cara Efektif Mengatasi Virus Monkey Test dan Time Service di Android

Advertisement
Cara mengatasi dan menghapus monkey test dan time service di Android - Belakangan ini mallware monkey test dan time service ini banyak menyerang pengguna smartphone Android. Umum-nya perangkat yang di serang oleh mallware tersebut adalah yang menggunakan chipset Mediatek. Namun ternyata mallware tersebut sekarang sudah menyebar dan bisa menyerang semua smartphone tidak terkecuali Samsung, Oppo, Lenovo, Advan, Evercoss, Smartfreen dan lainnya.

Mallware monkey test dan time service dapat menyebabkan semartphone menjadi lemot saat digunakan. Karena mallware tersebut menyebarkan iklan spam ketika koneksi data internet di nyalakan. Selain itu, dapat menyebkan kuota kita cepat habis karena mallware akan terus berjalan di latar belakang. Sebenarnya monkey test dan time service merupakan aplikasi yang secara otomatis terinstall pada smartphone ketika sedang melakukan browsing di internet atau menginstall aplikasi pihak ke tiga dari luar Google Play Store.

mengatasi monkey test dan time service di Android

Beberapa teman kerja saya yang menggunakan smartphone Oppo Joy dan Lenovo A369i baru saja terserang oleh virus yang menyebalkan tersebut. Mereka pun menanyakan ke saya untuk cara mengatasinya. Pada awalnya saya sempat kebingungan, karena saya sendiri belum pernah mengalaminya. Namun pada akhirnya saya menemukan juga beberapa cara efektif yang mungkin dapat anda lakukan juga untuk menghilangkan mallware monkey test dan time service di Android kesayangan anda.

Cara Mengatasi Monkey Test dan Time Service di Android :

1. Cabut Memory External
Sebelum anda melangkah ke cara berikut-nya anda bisa mencabut terlebih dahulu memory external smartphone anda. Karena bisa saja virus yang menyerang perangkat Android anda datangnya dari memory external. Sebaiknya format kartu Micro SD lalu coba masukan kembali. Jika mallware masih muncul, silahkan anda lihat langkah-langkah selanjuntya.

2. Scan Menggunakan AntiVirus
Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan mallware monkey test dan time service adalah dengan men-scan smartphone anda menggunakan AntiVirus. Banyak sekali aplikasi AntiVirus yang tersedia di Google Play Store yang dapat anda unduh secara gratis. Baca 3 Aplikasi AntiVirus Android Terbaik.

3. Freeze/Bekukan Aplikasi Yang Mencurigakan
Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk mengatasi monkey test dan time service adalah dengan membekukan aplikasi yang mencurigakan atau yang tidak anda kenali. Anda bisa membekukan aplikasi tersebut dengan menggunakan aplikasi Titanium Backup atau anda bisa Baca Cara Mudah Freeze Aplikasi Android.

4. Factory Reset
Jika dengan menggunakan cara pertama kedua dan ketiga masih tidak berhasil untuk mengatasi monkey test dan time service. Anda bisa mencoba cara yang keempat yaitu dengan melakukan factory reset. Anda bisa melakukan factory reset melalui pengaturan perangkat anda. Namun jika anda telah menginstall custom recovery CWM/TWRP akan lebih baik jika anda melakukannya dari mode recovery. Namun perlu anda perhatikan sebelum melakukan factory reset sebaiknya anda mem-backup semua data-data penting anda yang berada pada memory internal. Karena factory reset akan menghapus semua data pada perangkat anda.

5. Flashing Ulang
Cara kelima merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi monkey test dan time service. Karena dengan melakukan flash ulang, smartphone anda akan kembali seperti baru layaknya baru keluar dari toko. Jika anda kesulitan untuk melakukan flashing ulang sendiri, anda bisa langsung mendatangi service center dari produsen smartphone di kota anda. Karena jika hanya flashing ulang tidak ada biaya apapun alias gratis. 

Beberapa Tips Agar Android Tidak Terserang Mallware Monkey Test dan Time Service:
  1. Sebaiknya jangan menginstall aplikasi dari luar Google Play Store.
  2. Jangan mengunjungi situs web yang mencurigakan, seperti situs dewasa atau perjudian.
  3. Nonaktifkan penginstallan aplikasi dari sumber tidak di kenal "Unknwon Sources" dari pengaturan . Caranya masuk Settings>>Scurity>> hilangkan ceklis pada Unknwon Sources.
  4. Install AntiVirus di perangkat anda.
Nah, itulah cara efektif dan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi virus monkey test dan time service yang menyerang perangkat Android anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Cara Efektif Mengatasi Virus Monkey Test dan Time Service di Android

2 komentar:

  1. makasih infonya. baru tahu ada istilah virus monkey hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas saya juga baru tau setelah smartphone kedua teman saya terjangkit virus tersebut :)

      Thanks atas kunjungannya mas.

      Delete

Sebelum berkomentar baca dulu dibawah ini:

Komentar di Blog ini sepenuhnya di Moderasi oleh Admin, jadi komentar yang masuk akan di saring terlebih dahulu / tidak langsung publish.

1. Komentar yang mengandung SPAM, promosi, referral tidak akan di publikasi.

2. Baca Artikel sampai selesai sebelum berkomentar.

3. Pastikan kalian men-ceklis Notify Me agar jika komentar kalian mendapatkan balasan, akan di beri tahu melalui email.