Blog Yang Mengulas Tips Trik Android Terbaru, Aplikasi Android Gratis, Game Android Gratis, Belajar Modding Android, Tutorial Android

Tips Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca Pada Smartphone Android

Advertisement
Tips mengatasi SIM card yang tidak terbaca pada smartphone Android - Smartphone yang banyak beredar pada saat ini memiliki dua slot kartu SIM. Pada beberapa smartphone Android terbaru menggunakan jenis micro SIM atau lebih kecil dari kartu-kartu perdana yang di keluarkan oleh provider di indonesia. Para pengguna smartphone Android yang menggunakan slot micro SIM banyak mengalami masalah seperti kartu SIM tidak terbaca, jaringan eror dan lain-lain. Ini mungkin terjadi karena pada saat memotong SIM card tidak pas dengan ukuran micro SIM tersebut. Karena sidikit saja melenceng dari ukuran, maka smarthone anda tidak bisa medeteksinya. Jadi, jika anda hendak memotong SIM card untuk menjadikan micro SIM, lebih baik datang ke konter, agar di potongkan oleh orang konter, karena mereka mempunyai alat untuk memotong SIM card menjadi micro SIM.

Namun masalah SIM card yang tidak terbaca pada smartphone Android tidak hanya terjadi pada smartphone yang menggunakan micro SIM saja, melainkan smartphone yang menggunakan slot SIM card standar pun banyak yang mengalaminya. Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips mengatasi SIM card yang tidak terbaca pada smartphone Android.

SIM Card tidak terbaca

1. Tips mengatasi SIM card yang tidak terbaca pada smartphone Android yang pertama adalah silahkan anda matikan smartphone anda, kemudian lepas terlebih dahulu SIM card, baik slot 1 maupun slot 2, karena mungkin saja posisi SIM card tergeser atau terbalik. Setelah itu silahkan masukan kembali pada slot-nya masing-masing, lalu silahkan nyalakan smartphone anda kembali.

2. Membersihkan SIM card dengan penghapus karet adalah tips mengatasi SIM card yang tidak terbaca pada smartphone Android yang ke dua. Jika anda tidak berhasil menggunakan cara yang pertama, maka silahkan anda matikan kembali smartphone anda, kemudian lepas kembali SIM card dari masing-masing slotnya. Kemudian silahkan anda bersihkan bagian chip-nya dengan menggunakan penghapus karet pensil. Setelah di rasa sudah bersih, maka silahkan masukan kembali pada slotnya masing-masing lalu silahkan coba nyalakan kembali smartphone Android anda.

3. Tips mengatasi SIM card yang tidak terbaca pada smartphone Android yang ke tiga adalah, coba ganti SIM card dengan provider yang lain. Karena mungkin saja provider yang anda gunakan sedang mengalami gangguan. 

4. Jika menggunakan cara yang pertama, kedua dan ketiga tidak membuahkan hasil, maka tips mengatasi SIM card yang tidak terbaca pada smartphone Android keempat adalah dengan mengembalikan pengaturan smartphone anda ke pengaturan pabrik. Karena mungkin saja system Android anda yang eror sehingga tidak bisa mendeteksi SIM card. Sebaiknya sebelum anda mereset smartphone anda ke pengaturan awal/pabrik, anda melakukan backup terlebih dahulu terhadap data-data penting milik anda.  


Nah itu lah beberapa tips untuk mengatasi SIM card yang tidak terbaca pada smartphone Android. Silahkan anda coba tips-tipsnya satu persatu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca Pada Smartphone Android

2 komentar:

  1. sekedar nambahin om,, cek ime juga *#06# kalau invalid imei atau imei null hh tidak ada sinyal dan sering orang mengangap tidak baca sim ..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih atas tambahannya Mas Adam, Memang betul smartphone Android saya pun pernah mengalami kehilangan sinyal karena invalid IMEI.

      Nanti saya update artikelnya :)

      Delete

Sebelum berkomentar baca dulu dibawah ini:

Komentar di Blog ini sepenuhnya di Moderasi oleh Admin, jadi komentar yang masuk akan di saring terlebih dahulu / tidak langsung publish.

1. Komentar yang mengandung SPAM, promosi, referral tidak akan di publikasi.

2. Baca Artikel sampai selesai sebelum berkomentar.

3. Pastikan kalian men-ceklis Notify Me agar jika komentar kalian mendapatkan balasan, akan di beri tahu melalui email.