Blog Yang Mengulas Tips Trik Android Terbaru, Aplikasi Android Gratis, Game Android Gratis, Belajar Modding Android, Tutorial Android

Cara Membuat Warna Gradasi Pada Status Bar Android

Advertisement
Cara Membuat Warna Gradasi Pada Status Bar Android. setelah kemaren asal oyeg memberikan tutorial cara menambahkan text berjalan pada status bar android, Pada kesempatan ini asal oyeg akan memberikan tutorial membuat warna Gradasi pada status bar agar status bar android anda menjadi lebih berwarna dan tentunya handphone android anda akan menjadi lebih menarik, tentu saja dengan tampilan yang menarik maka akan memberikan kesan yang menarik pula.

Tentu anda sudah pada tahukan warna gradasi itu apa? mungkin bagi sebagian orang masih ada yang belum paham tentang warna gradasi itu apa, saya akan memberikan penjelasannya sedikit. Warna gradsi adalah perubahan dari satu warna ke warna lainnya dalam satu obyek. Warna gradasi bisa terjadi dengan perubahan lebih dari 2 warna berbeda.

Mungkin kurang lebih seperti itu pengertian warna gradasi. Nah sudah lebih paham kan? jika masih kurang paham, anda bisa liat gambar di bawah ini.

Warna - warni bukan :D

Berikut langkah-langkah menambahkannya :

Syarat : 
  • Sebelumnya anda menyetujui, bahwa segala resiko menjadi tanggung jawab anda sendiri, untuk jaga-jaga sebaiknya anda membeckup SystemUI.apk yang aslinya.
  • Harus sudah paham cara Decompile dan  Recompile APK, Jika anda belum paham biasa baca disini
  • Perhatikan step demi stepnya dengan teliti.
Caranya :
  • Download bahannya disini 
  • Decompile SystemUI.apk nya
  • Extract file yang di download tadi
  • Copy folder 'potato' ke SystemUI/smali/ ... di sene
  • Kemudian masuk ke folder SystemUI/res/layout cari file 'status_bar.xml' ( Saya anggap anda sudah paham pada script status bar yang aktif pada handphone android anda )  buka dengan notepad ++ atau sejenisnya lalu cari line ini  android:background=".........." kemudian rubah di line kedua menjadi android:background="#00000000" 
  • Kemudian tambahkan line di bawah ini, tepat di bawah line ini xmlns:systemui="http://schemas.android.com/apk/res/com.android.systemui">
 <potato.mariozawa.statusbargradient.Gradient android:gravity="center" android:orientation="horizontal" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent" />

Maka akan menjadi seperti ini.

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<com.android.systemui.statusbar.phone.PhoneStatusBarView android:orientation="vertical" android:background="#00000000" android:focusable="true" android:descendantFocusability="afterDescendants"
  xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
  xmlns:systemui="http://schemas.android.com/apk/res/com.android.systemui">
    <potato.mariozawa.statusbargradient.Gradient android:gravity="center" android:orientation="horizontal" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent" />
  • Recompile SymtemUI.apk dan push ke system
  • Jangan lupa push juga ke system 'GradientAppv2.apk' yang terdapat pada file yang anda download tadi.
  • Reboot perangkat anda.
Untuk merubah warnanya anda bisa masuk ke aplikasi 'Potato Gradient' dari menu aplikasi drawer

Saya harap tulisan saya bisa anda pahami dengan  mudah, jika tulisan saya masih kurang jelas anda bisa mengunjungi ke Forum XDA-nya langsung atau anda bisa berkomentar pada forum komentar. Selamat mencoba.. sebelum memperaktekkannya lebih baik Backup terlebih dahulu File SystemUI.apk yang aslinya untuk jaga-jaga. Karena segala resiko menjadi tanggung jawab anda sendiri.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Warna Gradasi Pada Status Bar Android

0 komentar:

Post a Comment

Sebelum berkomentar baca dulu dibawah ini:

Komentar di Blog ini sepenuhnya di Moderasi oleh Admin, jadi komentar yang masuk akan di saring terlebih dahulu / tidak langsung publish.

1. Komentar yang mengandung SPAM, promosi, referral tidak akan di publikasi.

2. Baca Artikel sampai selesai sebelum berkomentar.

3. Pastikan kalian men-ceklis Notify Me agar jika komentar kalian mendapatkan balasan, akan di beri tahu melalui email.