Blog Yang Mengulas Tips Trik Android Terbaru, Aplikasi Android Gratis, Game Android Gratis, Belajar Modding Android, Tutorial Android

Cara Mengatasi Android Lemot Karena RAM Kecil

Advertisement
Cara Mengatasi Android Lemot Karena RAM Kecil - Sejatinya ram sangat mempengaruhi atas kinerja suatu android, sekarang banyak sekali vendor-vendor smartphone yang bersaing menjual produknya dengan mengunggulkan ram yang besar dengan harga yang murah. Karena mereka tau, ram pada suatu android itu sangat diinginkan pembeli karena dapat menambah kinerja smartphone dalam melakukan beberapa tasking.


Namun jika Anda memiliki smartphone yang sudah ketinggalan dari versi terbarunya maka besar kemungkinan smartphone Anda memiliki ram yang sangat kecil sekitar 512MB hingga 1GB saja. Nah dengan ram yang kecil inilah yang menjadi faktor utama android Anda lemot atau biasa disebut ngelag, lalu bagaimana cara mengatasi android lemot karena ram kecil tersebut?

Saya akan menjelaskan beberapa cara dan pastinya ini tidak menggunakan aplikasi ini dan itu. Karena sejatinya dengan tambahan aplikasi di android Anda itu justru membuat kinerja semakin berat dan semakin lemot. Beberapa cara untuk mengatasi android lemot diantaranya sebagai berikut :

Baca Juga: Cara Mengatasi Memori Full Pada Smartphone Android

Cara Mengatasi Android Lemot karena Ram Kecil (Dibawah 1GB)

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu
Memiliki banyak aplikasi ini juga mempengaruhi kinerja smartphone Anda, bagaimana tidak lemot? jika Ram Anda sudah kecil namun banyak aplikasi yang berjalan di latarbelakang sehingga ini faktor utama yang memicu android lemot di ram kecil.

Caranya mengatasinya mudah yaitu dengan menghapus/uninstall aplikasi yang kamu tidak pernah gunakan. Maka proses latarbelakang akan berkurang, sehingga ram akan mendapat ruang bebas lebih banyak.

2. Hindari Multi Tasking berlebihan


Banyak orang yang suka multitaskting karena untuk mempersingkat waktu, seperti bermain game coc bersama dengan membuka facebook, path, twitter, instagram dan lainnya. Maka ram kamu akan sangat terkuras ruang kosongnya karena banyaknya aplikasi yang aktif di smartphone.

Cara mengatasinya sangat mudah yaitu putuskanlah disaat kamu ingin bermain game, maka bukalah saja aplikasi game tersebut dan jangan yang lain. Jika kamu ingin eksis di sosial media, maka buka satu atau dua aplikasi sosial media saja agar android tidak lemot karena ruang bebas ram kecil.

Baca Juga: Cara Menambah Kapasitas RAM Pada Smartphone Android

3. Bersihkan Cache Aplikasi dan Browser Anda

Cache ini jika kita tidak secara rutin dihapus maka akan tersimpan di Androidmu dan ini juga menjadi faktor utama android suka lemot di ram yang kecil. Bagaimana tidak lemot? sudah memiliki ram kecil, cache yang disimpan pun banyak maka ini pantas saja hp suka hang dan ngelag disaat bermain game.

Cara mengatasinya dengan clear cache yaitu Buka menu Pengaturan > Aplikasi > tap Unduhan > cari NAMA APLIKASI, kemudian tap “Hapus Cache”.  Cara ini tidak hanya menghemat kapasitas ruang kosong ram, namun juga dapat menghemat memory penyimpanan android kalian

4. Reset Pabrik Android
Nah ini adalah cara terakhir untuk mengatasi android lemot karena ram kecil, namun disaat kamu mau melakukan reset pabrik ini pastikan kamu sudah membackup semua data-data penting kamu. Reset pabrik ini memungkinkan android Anda kembali fresh seperti baru, namun bukan berati benar-benar seperti baru beli karena hardware yang sudah berumur tidak bisa dibohongi mau apapun caranya.

Caranya mudah cukup ke pengaturan > cadangkan dan pulihkan > reset pabrik

Baca Juga: Cara Agar Tidak LAG (Patah-Patah) Bermain Mobile Legends di HP RAM 512
Rawatlah Androidmu dengan pintar karena dengan pemakaian yang berlebihan dapat menyebabkan lemot bahkan kerusakan pada smartphonemu. Begitulah artikel mengenai Cara Mengatasi Android Lemot karena Ram Kecil. Semoga dengan adanya tips ini kalian dapat lebih bijak menggunakan android kalian. Selamat Mencoba!
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Android Lemot Karena RAM Kecil

0 komentar:

Post a Comment

Sebelum berkomentar baca dulu dibawah ini:

Komentar di Blog ini sepenuhnya di Moderasi oleh Admin, jadi komentar yang masuk akan di saring terlebih dahulu / tidak langsung publish.

1. Komentar yang mengandung SPAM, promosi, referral tidak akan di publikasi.

2. Baca Artikel sampai selesai sebelum berkomentar.

3. Pastikan kalian men-ceklis Notify Me agar jika komentar kalian mendapatkan balasan, akan di beri tahu melalui email.