Blog Yang Mengulas Tips Trik Android Terbaru, Aplikasi Android Gratis, Game Android Gratis, Belajar Modding Android, Tutorial Android

Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android yang Perlu Anda Tahu

Advertisement
Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android - Seorang pengguna Android atau smartphone yang menginginkan gadget kesayangannya agar tetap ringan pastinya sangat mengenal dengan aplikasi Greenify. Aplikasi yang memiliki lambang daun bewarna hijau ini memang terkenal efektif dan bagus dalam menjaga kestabilan gadget dari akibat banyaknya aplikasi yang didownload. Greenify juga memang sangat hebat dalam menghibernasi untuk berbagai aplikasi. Maksud dari hibernasi aplikasi disini yaitu dengan menidurkan aplikasi supaya tidak berjalan secara diam-diam yangdapat memperlambat kinerja Android.

efek samping hibernasi aplikasi android

Akan tetapi selain banyak keuntungan positif yang didapatkan dalam mengoptimalkan ponsel Android, Nyatanyahibernasi aplikasi juga dapat mempengaruhi kinerja dari aplikasi tersebut. Dengan demikian hibernasi aplikasi dapat menyebabkan beberapa fungsi pada aplikasi tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya, namun dapat berjalan normal saat membuka aplikasi tersebut dengan cara biasa. Berikut ini merupakan efek samping hibernasi aplikasi Android yang perlu Anda tahu.

Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android

1. Kehilangan Notifikasi
Pada beberapa banyak aplikasi khususnya aplikasi umum, harus tetap berjalan dengan diam-diam agar tetap mendapatkan pemberitahuan. Dan aplikasi tersebut secara cepat akan terus mensinkronisasikan diri pada suatu server dari apalikasi tersebutdengan teratur. Hibernasi pada aplikasi secara otomatis akan menonaktifkan aplikasi dari latar belakang ketika aplikasi tidak melakukan proses apapun.Saat aplikasi sedang melakukan proses penting seperti sinkronisasi yang saat itu sedang berjalan, maka hibernasi pada aplikasi tersebut tidak terjadi. Pad aplikasi hibernasi akan menunggu hingga proses tersebut berjalan hingga selesai.Dan barulah saat aplikasi tersebut bisa dikatakan sedang tidak melakukan apa-apa,aplikasi hibernasi ini akan secara cepat menghibernasi aplikasi itu.

Dan efek samping hibernasi aplikasi Android ini yaitu setelah aplikasi ini selesai dihibernasi, maka aplikasi ini akan berhenti dari semua aktivitas. Aplikasi ini akan diam dan tidak berjalan dilatar belakang lagi.Dan apabila ada pemberitahuan yang masuk tentunya tidak akan sampai pada aplikasi ini danapalikasi tidak akan bekerja sesuai yang diinginkan.

2. Hubungan Aplikasi Terputus
Efek samping hibernasi aplikasi Android yaitu bisa memutuskan hubungan antar aplikasi. Dan hal Ini dapat terjadi apabila Anda memotong jalur aplikasi yang sudah dihibernasi. Terputusnya kerjasama antar aplikasi ini bisa menyebabkan kesalahan saat ada aplikasi tertentu yang membutuhkan autentikasi dari aplikasi lainnya.

Seperti contoh aplikasi hiburan Instagram, yang memerlukan sebuah ijin dari aplikasi Facebook untuk bisa mengaktifkan Instagram. Saat membuka aplikasi Instagram, maka secara tersembunyi aplikasi Instagram juga dapat membuka Facebook. Dan Facebook sendiri juga dapat memanggil aplikasi lainnya seperti chat atau Messenger.

3. Tidak Bekerja Sempurna
Ada beberapa aplikasi yang secara otomatis akan mengupdate, terdapat aplikasi yang bisa membackup data secara otomatis, aplikasi yang mampu mengupload file secara otomatis, dan juga ada japlikasi yang bisa mensinkronisasi kontak secara otomatis. Dan semua  aktivitas dari aplikasi tersebut tidak dapat bekerja apabila aplikasi yang berkaitan sedang dihibernasi. Menghibernasi artinya menidurkan atau sleep aplikasi tersebut. Sedangkan tugas hibernasi yaitu menidurkan aplikasi yang sedang tidak dibutuhkan atau tidak digunakan. Cara ini secara otomatis akan menonaktifkan aktifitas aplikasi tersebut yang bekerja secara otomatis dan kilat.Proses hibernasi bisamencabut permohonan aplikasi yang sudah dibuat sebelumnya pada sistem. Ini yang pastinya akan membuat kerja system akan ringanakan tetapi efek samping dari itu semua yaitudapat membuat aplikasi yang suda dihibernasi tidak bekerja secara otomatis lagi.

Baca Juga:

Itulah, efek samping hibernasi aplikasi Android yang bisa menambah pengetahuan Anda untuk mengerti cara kerja hibernasi dan efek amping dari hibernasi, semoga bermanfaat.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android yang Perlu Anda Tahu

0 komentar:

Post a Comment

Sebelum berkomentar baca dulu dibawah ini:

Komentar di Blog ini sepenuhnya di Moderasi oleh Admin, jadi komentar yang masuk akan di saring terlebih dahulu / tidak langsung publish.

1. Komentar yang mengandung SPAM, promosi, referral tidak akan di publikasi.

2. Baca Artikel sampai selesai sebelum berkomentar.

3. Pastikan kalian men-ceklis Notify Me agar jika komentar kalian mendapatkan balasan, akan di beri tahu melalui email.